Kamis, 12 Mei 2011

Merawat Rambut

- Rambut adalah mahkota. Itulah ungkapan yang sering kita dengar. Tidak hanya wanita, pria juga menganggap rambut adalah mahkota.

Namun memiliki rambut indah dan sehat ternyata tidak mudah. Karena seringkali kita justru bermasalah dengan rambut. Kehilangan rambut atau rontok terjadi akibat berbagai alasan dari pengobatan hingga gen.

Memakai gel, sisir, shampo dan aksesoris rambut lain yang salah dapat mempengaruhi rambut. Namun jangan kuatir dengan langkah sederhana, termasuk memilih produk yang tepat, harapan memiliki rambut sehat dan indah akan terwujud.

Menurut ahli dermatologi dari School of Medice Universitas Wake Forest, Zoe D. Draelos, MD kerusakan rambut menjadi penyebab paling umum kehilangan rambut. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenal faktor penyebab kerusakan rambut untuk mengetahui bagaimana merubah perawatan rambut.

1. Jangan menggaruk.
Ketika orang menggaruk kulit kepala berarti juga menggaruk rambut. Menggaruk disebabkan gatal akibat ketombe. Rata-rata orang berketombe menggaruk kepala mereka sebanyak 90 menit/minggu, akibatnya rambut rusak dan rontok.
Jika rambut Anda berketombe, cobalah shampoo antiketombe. Saat ini shampo telah memiliki formula antiketombe sehingga cukup nyaman digunakan setiap hari.
2. Hati-hati dengan rambut panjang.
Rambut panjang cenderung lebih lemah pada pangkalnya sehingga sangat rentan rontok saat disisir, ditarik dan digaruk. Jika anda memiliki rambut panjang namun bermasalah karena mudah rontok, pertimbangkan untuk mengubahnya ke model lebih pendek. Selain untuk menyelamatkan rambut juga mengubah penampilan.
3. Gunakan peralatan penata rambut yang bagus
Ketika memilih sisir, carilah sisir yang memiliki gigi yang lebar dan lembut untuk memudahkan masuknya rambut di sela-sela gigi sisir.
Berhati-hati pula mengunakan klip atau pengingat rambut karena bila tidak, rambut akan mudah tertarik dan rusak.
4. Jangan sering-sering memotong rambut
Memotong rambut yang terlalu sering dapat mempengaruhi penampilan rambut terlebih bila Anda tidak memilih pemotong rambut yang sudah terlatih.
Perhatikan gunting rambut yang digunakan karena bila tidak tajam dapat menarik dan merusakan bentuk rambut.
5. Hindari produk yang menjanjikan tahan lama.
Produk yang dikenakan di rambut sebaiknya fleksibel dan tidak kaku. Produk yang menjanjikan tahan lama sebenarnya dapat mempercepat proses kerusakan rambut ketika Anda menata kembali dengan sisir.

6. Hindari pemakaian pewarna rambut yang berlebihan
Aturan dasar pemakaian pewarna rambut adalah tetap dengan warna rambut, tidak lebih dari tiga warna dari warna alami dan juga hindari bahan kimia berlebihan.
Mudah-mudahan tips di atas bisa membantu Anda mendapatkan rambut yang sehat dan indah. [L1]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar